A. Format Cells pada Excel :
1.
Buka Ms.Excel
2.
Tulis Nama dan NIM teman (5 NIM diatas dan 5 NIM dibawah anda)
3.
Setelah menulis NIM teman anda tetapi tidak terlihat, maka anda harus
melakukan:
·
Klik kanan pada cell tempat anda menuliskan NIM teman anda
·
Klik Ok
·
Kemudian ketikkan NIM teman anda selanjutnya
4.
Setelah mengisi NIM maka isikan nama teman anda pada kolom di sampingnya,
seperti gambar berikut :
5. Save file tersebut
pada Data(D)
B. Langkah-langkah membuat Mail Merge di Ms.Word
2007 :
1.
Buatlah data
source pada Ms.Excel terlebih dahulu, kemudian disimpan. Contoh seperti gambar
berikut :
2.
Kemudian buatlah
dokumen master seperti surat undangan ulang tahun di Ms.Word, sisihkan tempat
untuk meletakkan nama orang yang akan diundang.
4.
Kemudian klik Select
Recipients, lalu pilih Use Existing List.
5.
Cari lokasi
penyimpanan dokumen pada langkah no.1 di kotak dialog Select Data Source.
6.
Klik Open
untuk menampilkan kotak dialog Select Table.
7.
Kemudian klik
lembar kerja yang berisi data pada langkah no.1 dan pastikan kotak First row
of data contains column headers dicentang.
8.
Klik OK.
9.
Letakkan kursor
pada tempat penulisan nama orang yang akan diundang.
10.
Pada Mailings
tab, grup Write & Insert Fields, klik Insert Merge Field dan
pilih Nama.
11.
Akan muncul «NAMA»
12.
Untuk melihat
hasilnya, klik PreviewResults. Surat undangan akan ditampilkan per data.
13.
Klik tanda panah Previous
Records atau Next Records untuk berpindah antar data.
C. Undangan yang Saya Buat :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar